Mungkin kalian masih punya ponsel lama yang ingin kalian jual. Umumnya karena sudah punya ponsel baru. Atau, daripada ponsel bekas kalian nganggur cuma disimpen aja, itung-itung dijual buat nambah uang saku. Mungkin Kalian masih punya ponsel lama yang ingin kalian jual. Umumnya karena sudah punya ponsel baru. Atau, daripada ponsel lamanya nganggur cuma disimpen saja, itung-itung dijual buat nambah uang saku. Sebelum menjual ponsel bekas, ada beberapa hal yang penting untuk kalian ketahui. Apa saja? Berikut kami rangkum beberapa tips sebelum menjual ponsel bekas.

Menjual ponsel bekas lengkap
Menjual ponsel bekas lengkap

1. Buat Cadangan

Yang paling penting sebelum menjual ponsel kalian adalah membuat cadangan/back up. Jika kalian pemakai ponsel android, akan sangat mudah untuk membuat cadangan file kalian. Terlebih lagi di android sangat memudahkan kita untuk me-restore file back up ke ponsel baru.

Buat Cadangan di akun Google

tampilan menu akun google
tampilan menu akun google

Langkah pertama adalah membuat cadangan di akun Google. Kalian dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini;
1. Buka pengaturan smartphone android Kalian, dan cari opsi “Google”.
2. Di sana kalian dapat melihat ikhtisar lengkap yang berkaitan dengan akun Google Kalian. Pilih “Buat cadangan”.

tampilan cadangan akun google
tampilan cadangan di akun google

3. Kalian akan melihat kapan cadangan terakhir dibuat. Untuk melakukan pencadangan, Tekan bilah biru “Cadangkan sekarang”. Proses pencadangan bisa memakan waktu tergantung besar file cadangan kalian. Selain itu kalian juga dapat melakukan pencadangan foto ke akun Google Photo kalian disini.

Buat cadangan WhatsApp

Untuk pencadangan whatsapp kalain dapat memilih opsi untuk mencadangkan video atau tidak. Tujuannya agar file cadangannya tidak terlalu besar, dan agar proses pencadangannya tidak memakan waktu cukup lama. Kami sarankan pula untuk membuat cadangan WhatsApp secara terpisah. Untuk melakukan ini, buka pengaturan WhatsApp> obrolan> Cadangan obrolan> Cadangan.

tampilan menu cadangan di whatsapp
tampilan menu cadangan di whatsapp

Pencadangan file-file di akun whatsapp ini juga disimpan di akun Google Drive Kalian.
Periksa juga perangkat Android kalian saat ini apakah ada aplikasi yang  datanya belum dan ingin kalian simpan. Bisa semua jenis aplikasi seperti aplikasi tugas, aplikasi catatan atau aplikasi lainnya. Periksa juga apakah kontak kalian ada di memori ponsel Kalian, atau semuanya sudah disimpan ke akun Google kalian. Kalian dapat memeriksanya dengan membuka Google Kontak di browser PC kalian.

2. Hapus Aplikasi WhatsApp

Tenang saja, kalian tidak akan kehilangan chat-chat baru kalian, karena setelah kalian back up, kalian dapat mentransfer file-file chat whatsapp ke ponsel baru Kalian.

3. Keluarkan SIM dan Kartu Memori

Langkah penting dalam “proses” ini adalah mengeluarkan kartu SIM dan kartu memori. Jika Kalian tidak lagi memerlukan kartu memori, kami sarankan untuk memformatnya. Ini dapat dilakukan melalui ponsel kalian. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> sistem dan pembaruan / pengaturan tambahan> reset> dan pilih untuk memformat kartu memori. Kalian juga dapat melakukan ini melalui adaptor kartu memori di komputer.
Pada beberapa perangkat, kalian juga dapat menghapus penyimpanan kartu memori melalui Pengaturan> penyimpanan> kartu memori> format. Jangan lupa untuk mengambilnya dari ponsel kalian setelah diformat.

4. Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik (Factory Data Reset)

Setelah semua langkah diatas kalian lakukan. Kita sekarang dapat menuju ke langkah selanjutnya, yaitu mengembalikan ke pengaturan pabrik. Langkah ini akan menghapus semua data yang tersimpan di telepon.
Untuk melakukan factory reset, kalian dapat membuka pengaturan/setting> perangkat lunak & pembaruan>Reset Telepon

Tampilan menu factory reset/mengembalikan ke pengaturan pabrik
Tampilan menu factory reset

Lokasi opsi ini dapat berbeda-beda di masing-masing ponsel. Di beberapa ponsel opsi ini berada di bawah pengaturan tambahan. Kalian dapat menggunakan fungsi pencarian di bagian atas pengaturan untuk memudahkan menemukan opsi reset.

5. Membersihkan Ponsel

wujud ponsel yang sudah dibersihkan
ponsel yang sudah dibersihkan

Ponsel kita adalah sumber bakteri, oleh karena itu akan lebih baik sebelum menjualnya kita membersihkannya lebih dulu. Ponsel yang bersih akan membuatnya terkesan terawat dan menaikkan harga jualnya.

Itu dulu 5 tips sebelum menjual smartphone bekas dari idmobilenews. Untuk tips menjual smartphone bekas agar cepat laku akan kami share di artike berikutnya. Semoga bermanfaat.