Apple sekarang kesulitan untuk memperkirakan permintaan konsumen terhadap iPhone 12. Ponsel ini diprediksi akan memasuki pasar akhir tahun ini. Saat ini, perusahaan, pemerintah, dan orang-orang sedang disibukkan dengan penyebaran virus korona. Berapa banyak orang yang memikirkan iPhone sekarang?

Sekarang itulah pertanyaan besar yang dihadapi Apple, menurut Wall Street Journal. Akibatnya, sulit bagi Apple untuk merencanakan dan memesan komponen iPhone 12. Sebagai sebuah perusahaan, jelas Apple tidak ingin membeli komponen terlalu banyak, karena mungkin akan mengalami surplus dan harus menjual perangkat dengan harga yang lebih rendah. Tetapi juga tidak ingin memesan komponen terlalu sedikit, jika permintaan terhadap iPhone 12 ternyata sangat besar.

Apple iPhone 11 berbagai warna
iPhone 11

Bagaimana Nasib iPhone 12?

Terlepas dari kenyataan bahwa iPhone 12 hanya akan muncul pada bulan Desember, Apple tentu saja harus sudah membuat persiapan untuk memenuhi tenggat waktu itu. Mantan karyawan Apple menginformasikan pada publi bahwa Apple sering memesan komponen modul kamera pada bulan Maret dan April. Pesanan tersebut pada akhirnya menentukan berapa banyak iPhone yang akan dibuat.

Permintaan konsumen tidak pernah tidak sejelas sekarang ini. Jutaan orang di seluruh dunia telah kehilangan pekerjaan mereka, sementara sebagian yang lain di rumah dan takut kehilangan pekerjaan mereka. Ini juga berarti bahwa orang-orang akan menghabiskan lebih sedikit uang untuk membeli produk mahal. Salah satu produk mahal yang mungkin tidak dapat dibeli adalah iPhone 12.

Akankah iPhone 12 Ditunda Peluncurannya?

Seorang analis mengatakan kepada surat kabar bahwa Apple kemungkinan akan melanjutkan pesanan yang telah direncanakan untuk saat ini dan akan ditinjau kembali pada bulan Mei atau Juni mendatang. Hal ini sejalan dengan apa yang diumumkan pemasok chip, TSMC, yang menyatakan bahwa Apple belum melakukan pemesanan suku cadang untuk iPhone 12.

Sementara itu, ada juga pendapat bahwa beberapa produk Apple akan ditunda peluncurannya, akibat beberapa produsen dan perusahaan telah menutup aktifitas produksi selama berminggu-minggu karena wabah covid-19. Itulah sebabnya desas-desus tentang gagasan bahwa berbagai peluncuran produk, seperti iPhone 12, mungkin akan ditunda dalam beberapa minggu.