iOS 14 akan menjadi pembaruan OS  utama untuk iPhone 2020. Meskipun Apple belum mengumumkan terkait iOS 14 yang baru ini sampai WWDC 2020. Ini adalah pameran pengembang tahunan perusahaan apple. Sampai saat itu, kita hanya mengetahui info serta fitur-fitur baru iOS 14 dari bocoran-bocoran dan desas-desusnya saja di dunia maya.

Dalam daftar di bawah ini kami mencoba menguraikan tentang iOS 14. Dengan cara ini kalian akan mengetahui hal-hal paling penting seputar fitur-fitur baru pada pembaruan OS rival android ini.

ios 14 dan semua fiturnya
ilustrasi ios 14

Rilis iOS 14

iOS 14 diharapkan akan dirilis pada September 2020 untuk semua iPhone yang mendukung pembaruan ini. Kemungkinan semua perangkat yang mendukung iOS 13 juga mendukung iOS 14. iOS 14 beta akan dirilis pertama kali ke pengembang sesaat setelah diluncurkan pada bulan Juni, dengan versi uji publik pertama biasanya dirilis sebulan kemudian.
Apple telah meluncurkan iOS 14 selama bertahun-tahun di WWDC, pameran pengembang tahunan yang akan diadakan lagi pada bulan Juni tahun 2020 ini.

Karena Apple belum secara resmi merilis iOS 14, kami hanya dapat mengkitalkan rumor yang beredar saat ini. Berkat sumber anonim dan informasi yang bocor, kami masih memperoleh gambaran tentang iOS 14 dan segala fitur barunya. Pada bulan maret kemarin, sempat source code dari iOS 14 ini bocor. Dari source code tersebut kita jadi tahu pembaruan apa saja yang akan kita temui dari iOS 14 ini.

Berikut beberapa Fitur Baru yang akan hadir pada iOS 14 :

1. Fokus pada stabilitas

Salah satu rumor pertama yang muncul pada akhir 2019 adalah tentang stabilitas iOS 14. Setelah peluncuran iOS 13 yang berantakan dan tidak stabil, Apple akan fokus pada pembaruan yang stabil di iOS 14 ini.
Seperti halnya iOS 12, penambahan fitur-fitur inovatif dapat dilakukan selama satu tahun. Dengan begitu, Apple akan memiliki waktu untuk memperbaiki bug. Dengan begitu akan membuat iPhone kalian jauh lebih stabil, lebih cepat dan lebih menyenangkan untuk digunakan.

2. Metode pengujian baru

Fokus untuk meningkatkan stabilitas ini juga tercermin dalam cara Apple ingin menguji iOS 14. Pembaruan tersebut akan memperkenalkan metode beta baru, yang akan memungkinkan Apple untuk menghidupkan dan mematikan fitur tertentu tanpa mengirimkan pembaruan beta yang baru. Cara ini akan memudahkan developer untuk menguji fitur iOS. Cara ini membuat Apple untuk dapat mematikan dengan cepat jika ada fitur yang tidak berfungsi dengan baik.

3. 117 Emoji Baru

Apple akan menambahkan 117 emoji baru dalam update iOS 14 ini. Kabar ini telah muncul secara online, sehingga kita tahu persis ikon apa saja yang akan ditambahkan.

4. Pemilih aplikasi baru dengan tampilan kisi

IPhone akan terlihat sedikit lebih mirip iPad. Jika kita melihat aplikasi yang berjalan di iOS 14, semuanya muncul dalam tampilan grid, sehingga kita dapat melihat hingga empat aplikasi sekaligus. Menurut rumor, kita masih dapat memilih tampilan mana yang paling kita sukai.

5. Bebas Memilih Aplikasi Default

Jika rumor ini benar, itu adalah berita besar untuk masa depan iOS. Setelah bertahun-tahun, Apple akhirnya berencana untuk memberi kebebasan kepada pengguna untuk memilih sendiri aplikasi default mereka. Ini berarti kita nantinya dapat menentukan dalam pengaturan, browser mana yang akan dibuka ketika kita mengklik tautan, atau layanan musik mana yang Siri gunakan secara default ketika kita meminta untuk memutar musik. Fitur baru ini merupakan solusi bagi orang-orang yang tidak menggunakan aplikasi Apple.

6. Layar berkita yang lebih interaktif

Apple pertama kali memperkenalkan penyesuaian untuk homescreen pada 2019. Ini memungkinkan kita untuk menyematkan widget di layar dan membuat ikon aplikasi lebih kecil sehingga lebih pas di layar. Pertanyaannya sekarang adalah apakah Apple ingin mengambil langkah ini untuk iPhone, dengan layar yang lebih interaktif di mana kita dapat menempatkan aplikasi favorit kita.

7. Unduh paket wallpaper pihak ketiga

Apple akan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengunduh paket wallpaper lengkap dari App Store.

8. Aplikasi Kebugaran Apple sendiri

Selain di iPhone, Aplikasi kebugaran baru dari Apple juga akan tersedia di Apple Watch dan Apple TV. Aplikasi ini mendukung banyak latihan seperti bersepeda, mendayung, yoga dan latihan lainnya. Di aplikasi kita dapat mengunduh latihan yang kemudian diperagakan dengan video, sehingga kita dapat melakukan latihan lengkap. Jika kita memiliki Apple Watch, kita juga dapat menggunakan jam tangan pintar itu untuk memantau kesehatan dan latihan kita.

9. Fungsi tambahan untuk tuna rungu

Apple sudah memperkenalkan fitur praktis dengan Live Listen yang mengubah AirPods kita menjadi alat bantu dengar. IOS 14 akan semakin memperluas fungsi ini dan akan ada lebih banyak fungsi yang secara khusus ditujukan untuk orang dengan gangguan pendengaran. Salah satunya adalah fitur di mana iPhone kita mendengarkan bunyi alarm seperti sirene, alarm kebakaran, dan bayi yang menangis. Jika iPhone kita menerima suara ini, perangkat memberikan sinyal getaran, sehingga kita juga menjadi waspada tanpa mendengarnya.

10. Aplikasi AR baru dari Apple

Kacamata AR Apple semakin dekat langkah demi langkah, sehingga perusahaan ini perlahan tapi pasti juga memperkenalkan semakin banyak aplikasi yang menggunakan augmented reality. iOS 14 akan mendapatkan aplikasi baru yang memberi tahu kita lebih banyak tentang dunia di sekitar kita. Dengan mengarahkan kamera iPhone kita di Apple Store, misalnya, kita mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk yang dijual. Sementara itu, Apple juga akan melakukan pembicaraan dengan Starbucks agar toko-toko ini juga mendukung aplikasi tersebut.

11. Unduh Suara Tambahan untuk Voice Over

Fitur voice over adalah sarana aksesibilitas yang bermanfaat, tetapi relatif terbatas karena hanya sedikit suara yang tersedia. Pengguna akan dimungkinkan untuk mengunduh suara-suara baru dari App Store musim gugur ini. Sangat berguna jika kita berbicara bahasa yang belum didukung iPhone, atau dalam dialek yang tidak didukung oleh Apple sendiri.