Xiaomi telah mengumumkan 2 smartphone barunya, yaitu Xiaomi Redmi K30 Pro dan K30 Pro Zoom. Kedua smartphone baru asal pabrikan tiongkok ini menawarkan spesifikasi kelas atas, tetapi dengan harga yang terjangkau dibandingkan rival-rivalnya.

tampilan xiaomi redmi k3o pro
xiaomi redmi k30 pro

Xiaomi Redmi K30 Pro dan K30 Pro Zoom

Lini smartphone Xiaomi telah diperluas dengan hadirnya dua model ponsel baru. Xiaomi Redmi K30 Pro dan Redmi K30 Pro Zoom. Kedua ponsel ini telah mendukung jaringan 5G dan hadir dengan prosesor Snapdragon 865. Memang sangat mengejutkan bahwa Xiaomi sendiri memilih layar AMOLED 6,67 inci, tetapi dengan kecepatan refresh sebatas 60Hz. Hal ini akan menjadi kelemahan besar bagi seri K30 ini.

Alasan pemakaian panel 60 Hz

Menurut Gizmochina, General Manager Redmi Lu Weibing mengumumkan pada konferensi pers bahwa Xiaomi memutuskan sepuluh bulan yang lalu terkait hardware yang akan dimasukkan dalam seri Redmi K30. Sepertinya Xiaomi mempertimbangkan keputusan perangkat keras dengan cermat, dan tidak dipaksa untuk melengkapi seri Redmi K30 Pro dengan panel 60 Hz.

Weibing kemudian mengatakan bahwa Redmi K30 Pro memiliki panel 60 Hz untuk memaksimalkan masa pakai baterai. Bahkan panel 90 Hz saja akan memiliki dampak signifikan pada masa pakai baterai, karena Redmi K30 Pro mencakup begitu banyak komponen unggulan yang haus daya.

Spesifikasi

Di luar itu semua ponsel ini hadir dengan Android 10 dengan antar muka berbasis MIUI 11, dibekali 6 / 8GB RAM dan 128GB / 256GB penyimpanan. Kapasitas baterai mencapai 4700 mAh dan sobat hape dapat mengisi daya lebih cepat berkat dukungan fitur fast charge 33W. Pada sektor kamera, Xiaomi menghadirkan kamera depan bergaya pop up dengan sensor 20 megapiksel. Sedangkan sensor pemindai sidik jari sudah terintegrasi pada layar (In display finger print).

Perbedaan Kamera antara K30 Pro dan K30 Pro Zoom

Perbedaan antara K30 Pro dan K30 Pro Zoom sebagian besar berkutat di sektor kamera saja. Berikut detailnya yang sudah saya rangkum:

  • Redmi K30 Pro: Kamera quad – kamera utama 64MP, lensa wide-angle 13MP, lensa makro 5MP 10cm, sensor kedalaman 2MP
  • Redmi K30 Pro Zoom: Kamera quad – kamera utama 64MP dengan OIS, lensa wide-angle 13MP, lensa telefoto 8MP dengan dukungan zoom optik 3x / zoom digital 30x, lensa kedalaman 2MP

Harga Redmi K30 Pro

Xiaomi Redmi K30 Pro dan Pro Zoom akan pertama kali hadir di China. Tidak diketahui apakah dan kapan ponsel akan muncul di negara lain termasuk indonesia. Untuk perkiraan harganya sekitar 7 juta rupiah, sedangkan untuk versi Pro Zoom harganya sekitar 9 juta rupiah.